Diari Charles Roring

alam dan pikiran

Jalan-jalan ke Raja Ampat dengan cara murah

Banyak pelancong yang bepergian ke Raja Ampat mengeluhkan biaya perjalanan yang terlalu mahal. Ada 40 liveaboard (kapal tour) yang menyediakan jasa tour selam bagi para penyelam untuk mengeksplorasi keindahan dunia bawah laut Raja Ampat. Liveaboard ini berlayar ke seluruh pulau-pulau terpencil yang ada di Raja Ampat di mana terumbu karangnya masih belum terjamah dan memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi. Kebanyakan dari liveboard ini dilengkapi dengan telefon satelit sehingga wisatawan bisa menggunakannya dalam situasi darurat guna menghubungi sanak-saudara mereka. Setiap kamar untuk tamu diberi AC. Di bagian buritan kapal, peralatan selam yang modern telah disiapkan oleh para divemaster dan awak kapal sehingga siap digunakan oleh para tamu. Makanan (untuk sarapan, santap siang maupun makan malam) serta snack diberikan secara teratur. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa biaya perjalanan dengan liveaboard dianggap mahal sekali. Namun demikian, itulah yang Anda dapatkan untuk uang yang Anda bayarkan. Jika Anda adalah seseorang yang suka dengan petualangan dan ingin melihat pulau-pulau dengan cara backpacking, saya bisa menyediakan penjelasan sederhana buat Anda.

Pantai Pasir Putih di Harapan Jaya, Kepulauan Misool – Kabupaten Raja Ampat

Cara Termurah Mengeksplorasi Raja Ampat
Bepergian ke Waisai (ibukota Kabupaten Raja Ampat – Provinsi Papua Barat) dapat dengan mudah dilakukan naik kapal cepat dari Sorong. Biayanya Rp. 120.000 (seratus dua puluh ribu). Destinasi lainnya yang sangat saya rekomendasikan adalah Kepulauan Misool yang terletak di selatan kabupaten itu. KM Sabuk Nusantara 32 berlayar secara teratur dari kota Sorong ke Yellu/ Harapan Jaya di Misool. Biaya tiketnya sekitar Rp. 60.000 (enam puluh ribu rupiah). Setelah itu, kapal berlayar melewati puluhan pulau-pulau kecil di Misol menuju Pelabuhan Sesar di Bula – Seram Timur, Provinsi Maluku. Kapal ini menghubungkan daerah selatan Kabupaten Raja Ampat dengan Seram Timur. Di Seram Timur, KM Sabuk Nusantara 32 mengunjungi Bula, Geser, Gorom dan Kesui. Kemudian kapal itu melanjutkan perjalanannya ke Fakfak, Kaimana dan Timika. Pergilah ke Pelabuhan Rakyat di kota Sorong untuk mencari informasi mengenai kapal yang berlayar ke pulau-pulau lainnya di Raja Ampat. Jangan kecewa kalau Anda tidak bisa membeli paket diving yang ditawarkan oleh berbagai perusahaan liveaboard di internet. Anda masih bisa menikmati keindahan Raja Ampat dengan biaya yang lebih terjangkau sesuai kantong Anda.

Pagi merekah di Kepulauan Misool Raja Ampat

Karena kapal KM Sabuk Nusantara 32 hanya berlayar ke Harapan Jaya di Kepulauan Misool, Anda tidak bisa mengunjungi pulau-pulau terpencil yang telah dikenal sebagai destinasi diving. Anda masih bisa menikmati wisata snorkeling di terumbu karang yang ada di pulau-pulau dekat Yellu atau desa Harapan Jaya. Hubungi nelayan setempat untuk membantu Anda menemukan tempat-tempat terumbu karang itu.

KM Sabuk Nusantara 32 berlayar secara teratur ke Kepulauan Misool di Raja Ampat selanjutnya ke Bula, Geser, Gorom dan Kesui di Seram Timur dan akhirnya kembali ke Papua menuju Fakfak, Kaimana, Timika

Destinasi kelas dunia lainnya di Papua Barat adalah Selat Iris dan Teluk Triton di Kaimana. Dunia bawah laut di Selat Iris unik sekali karena ditumbuhi oleh soft coral. Jika Anda ingin melakukan perjalanan ke kawasan itu, dan membutuhkan saya sebagai pemandu wisata Anda, silahkan menghubungi saya lewat email: peace4wp@gmail.com

Baca juga artikel: Jalan-jalan ke Papua

Juni 26, 2012 - Posted by | Wisata Alam | , , , , ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: